MENCICIPI SUSU PISANG BINGGRAE, ENAK DAN MENYEHATKAN

July 31, 2024

 

susu-pisang-binggrae


Annyeonghaseyo yeorobun ...

Buat kamu pecinta Korea, baik drakor (drama korea) ataupun K-Pop, tentu sudah tidak asing dengan adegan para aktor dan aktris minum susu pisang atau para Idol yang tertangkap kamera yang sedang menikmati susi pisang kan? Kemunculan adegan tersebut sangat memengaruhi tingkat konsumsi terhadap produk makanan dan minuman dari Korea Selatan. Termasuk saya. Jadi saat saya berada di Korea Selatan pada bulan Oktober 2023, hal yang tidak saya lewatkan adalah mencicipi susu pisang Binggrae.


Sejarah Susu Pisang 


susu-pisang-binggrae
Jungkook, salah satu anggota BTS yang sangat menyukai susu pisang (Foto : Dok. Cosmopolitan Indonesia)


Susu rasa  pisang sudah diproduksi  di Korea Selatan mulai tahun 1974. Diproduksi pertama kali oleh perusahaan bernama Binggrae. Perusahaan ini terkenal dengan produk snack, olahan susu, dan fermentasi.

Susu pisang diproduksi oleh Binggrae karena masalah kekurangan gizi yang melanda Korea Selatan pasca perang. Pisang memiliki banyak kandungan gizi yang pastinya bisa bermanfaat bagi siapa saja yang mengonsumsinya. Saat itu, Pemerintah Korea Selatan juga mendorong warganya untuk minum banyak susu.


Baca juga : Lezatnya Gyeranppang, Perpaduan Manisnya Kue dan Gurihnya Telur


Ketika pertama kali diluncurkan, susu pisang langsung dicintai oleh warga Korea Selatan. Mengingat buah pisang yang sangat langka dan mahal di Korea Selatan karena adanya pembatasan impor. Dengan adanya susu pisang warga Korea Selatan bisa meminumnya tanpa label mahal. Harganya yang masuk akal juga memenuhi tujuan pemerintah untuk membuat masyarakatnya minum susu. 

Karena kepopulerannya, saat ini tak hanya tersedia susu pisang saja, tapi juga dibuat susu dengan aneka rasa buah lainnya seperti rasa strawberry, blueberry, dan sebagainya. Namun meski sudah tersedia berbagai pilihan macam rasa, susu rasa pisang tetap menjadi yang terfavorit.


Kemasan Unik Susu Pisang


susu-pisang-binggrae


Jika kebanyakan kemasan susu pisang berbentuk kotak. Maka susu pisang produksi Korea Selatan ini memiliki bentuk yang unik jika dibandingkan dengan kemasan susu pada umumnya. Kemasan susu pisang bentuknya seperti botol dengan lekuk pada bagian tengahnya. Ternyata kemasan yang unik dibuat untuk mencerminkan budaya khas Korea Selatan, maka kemasan susu pisang ini dibuat mirip dengan guci tradisional Korea Selatan yang disebut dengan nama hangari. Bentuk yang unik ini ternyata juga membuat orang yang meminumnya merasa nyaman untuk menggenggam kemasannya.

Susu pisang Binggrae telah memenangkan produk susu terlaris selama 3 tahun di pasaran Korea Selatan. Produk ini mengandung 0,32% banana juice concentrate dan terdiri dari 85% susu yang memberikan rasa lembut dan gurih karena kandungan susu alaminya yang tinggi. Selain itu, telah mendapat sertifikasi HACCP dari KFDA yang membuktikan produksi dan pasokan melalui pengelolaan yang aman dan bersih.


Baca juga : Mengenal Samgyetang, Sup Ayam Ginseng Khas Korea Selatan


Menurut saya rasa pisang yang ada pada minuman ini tidak terlalu kuat dan tetap dominan rasa susu. Rasanya enak, segar sekaligus menyehatkan.

Untuk kamu yang ingin mencicipi susu pisang Binggrae, tak perlu jauh-jauh terbang ke Korea Selatan karena produk ini sudah masuk di Indonesia. Kamu bisa membelinya di toko ataupun market place. Hanya saja, di Indonesia produk ini hadir dengan kemasan berbeda, yaitu dalam bentuk tetrapack atau kemasan kotak ukuran 200 ml seperti produk susu kemasan pada umumnya dengan gambar botol aslinya yang dijual di Korea Selatan. Saat di Korea Selatan, saya membelinya dengan harga 2000₩. Di Indonesia sendiri produk ini dibandrol dengan harga Rp. 20.000-an, harga tersebut memang termasuk dalam kategori mahal untuk penjualan jika dibandingkan dengan produk susu lain yang ada di Indonesia. 




You Might Also Like

0 komentar

Subscribe