CARA KIRIM TULISAN KE MAJALAH BOBO

July 17, 2022


cara-kirim-tulisan-ke-majalah-bobo
 
Siapa sih yang tidak ingin tulisannya dimuat di Majalah Bobo? Semua penulis pasti menginginkannya, termasuk saya. Majalah Bobo sudah familiar dengan saya sejak kecil. Majalah Bobo menjadi bacaan favorit bagi anak-anak. 

Bagi penulis, saat tulisannya dimuat di Majalah Bobo adalah suatu prestasi yang membanggakan. Karena itu, salah satu goal saya dalam dunia literasi adalah karya saya bisa dimuat di Majalah Bobo. Banyaknya penulis yang ingin karyanya dimuat di Majalah Bobo, tentu membuat persaingannya sangat ketat. Saya juga menyadari hal itu. Terlebih lagi ketika terjun di dunia literasi saya pernah merasa kok yang dimuat di Majalah Bobo, tulisannya dari penulis itu lagi, penulis lagi. Para penulis itu, tulisannya sudah langganan dimuat di Majalah Bobo. Terkadang membuat ciut nyali dan menimbulkan pertanyaan dalam hati.

"Bisa nggak ya, tulisan saya dimuat di Majalah Bobo?"


Baca juga : Cara Menulis Cerita Anak Ala Yeni Endah


Besarnya tekad yang saya miliki agar tulisan saya bisa dimuat di  Majalah Bobo, mengalahkan keciutan nyali yang pernah saya miliki. Terlebih lagi masa tunggu di Majalah  Bobo juga lama. Saya pernah ngobrol dengan seorang penulis, jika masa tunggu karyanya hingga dimuat yaitu 5 tahun. Bahkan ada penulis yang berseloroh, karena saking lamanya masa tunggu sebuah tulisan dimuat di Majalah Bobo. Bagaimana jika tulisan dimuat di  Majalah Bobo, tapi dia sudah tiada? Namun saya meyakini setiap tulisan mempunyai jodohnya masing-masing. Meskipun masa tunggunya lama, jika sudah waktunya tulisan saya dimuat maka akan dimuat juga kok.


Baca juga : Cara Menulis Fabel Ala Yeni Endah


Paling tidak setiap sebulan sekali, saya mengirim tulisan ke Majalah Bobo. Hal ini saya lakukan untuk memperbesar peluang tulisan saya dimuat di Majalah Bobo. Dan akhirnya setelah lebih kurang satu tahun menunggu. Alhamdulillah tulisan saya berjudul Komputer Lama dan Laptop Baru dimuat di Majalah Bobo No. 13, terbit Kamis 30 Juni 2022. Tulisan tersebut saya kirim pada tanggal 8 Juli 2021.


cara-kirim-tulisan-ke-majalah-bobo
Tulisan saya berjudul "Komputer Tua dan Laptop Baru" dimuat di Majalah Bobo No. 13 Terbit Kamis 30 Juni 2022


Baca juga : 5 Tips Agar Tulisanmu dimuat di Majalah Bobo


Cara Kirim Tulisan ke Majalah Bobo

Mau cerpenmu dimuat di Majalah Bobo? Berikut ini syarat-syaratnya.

  1. Ketik tulisan dalam bentuk attachment
  2. Font Times New Roman 12
  3. Spasi 1,5
  4. Margin normal
  5. Panjang tulisan 500 - 600 kata.
  6. Tulisan asli karya sendiri, bukan plagiat.
  7. Tulis biodata lengkap di bawah naskah seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon dan nomor rekening beserta nama bank.
  8. Kirimkan naskahmu ke bobo@gramedia-majalah.com 
  9. Tidak ada pemberitahuan jika tulisanmu dimuat. 
  10. Berdasarkan pengalaman lama masa tunggu selama satu tahun, tapi ada juga penulis yang lebih dari satu tahun. 
  11. Berdasarkan pengalaman, kira-kira seminggu setelah tulisan saya dimuat di Majalah Bobo. Saya dihubungi pihak redaksi, jika naskah saya layak dimuat di Majalah Bobo. Selain itu pihak redaksi memberi informasi mengenai pemberian honor dan melengkapi data-data yang diperlukan.

Mari berkarya dengan cinta dan ketulusan!

You Might Also Like

4 komentar

  1. Untuk tulisannya harus cerpen apa bisa artikel lain kak?

    ReplyDelete
  2. Ilustrasi nya kakak sebagai penulis yang menyediakan atau pihak redaksi kak?? MOHON REAPLY :"))

    ReplyDelete

Subscribe