5 CARA MENYENANGKAN MENDAPAT UANG DARI BLOG

July 04, 2019

mendapat uang dari blog



Pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Tentu untuk mencapai tahap tersebut, dibutuhkan waktu dan proses yang cukup lama. Tidak bisa instan dan seperti membalikkan telapak tangan. Tapi percaya deh, saat kamu sudah menemukan pekerjaan sesuai dengan bakat dan minatmu rasanya bahagia banget. Kamu seperti tidak merasa sedang bekerja.

Di zaman digital yang berkembang dengan sangat pesat seperti saat ini, salah satu pekerjaan yang bisa kamu lakukan berdasarkan hobi adalah menulis. Ya, jika kamu sungguh menekuni menulis, kamu bisa mandiri secara finansial lho.

Saya sebagai difabel karena kelainan langka Friedreich's Ataxia. Alhamdulillah dari menulis sudah bisa mencukupi semua kebutuhan pribadi saya sendiri, membeli barang-barang yang saya inginkan dari hasil keringat sendiri. Jika mempunyai rezeki berlebih saya juga bisa berbagi dengan orang-orang terdekat. Profesi sebagai penulis untuk saya yang memiliki keterbatasan fisik dan mobilitas sangatlah cocok.  

Bagaimana? Kamu tertarik? Menghasilkan uang dari menulis jika kamu jeli banyak peluang yang bisa kamu coba. Untuk saat ini saya memperoleh uang dari menulis dengan mengirim ke koran, sebagai freelance content writer di situs artikel berbayar dan dari hadiah lomba blog. 

Baca juga : Pengalaman Menjadi Content Writer 


Insya Allah untuk masa depan yang lebih baik, saya ingin menekuni dan sedang tahap belajar merambah satu profesi yang tentunya masih berhubungan dengan dunia menulis. Semoga Allah mengizinkan dan memberi kemudahan serta kelancaran. Aamiin.

Di kesempatan kali ini saya ingin berbagi 5 cara menyenangkan mendapatkan uang dari blog. Kenapa saya sebut ini cara yang menyenangkan? Karena jangan pernah menjadikan uang sebagai tujuan utamamu menulis! Hal ini bisa memicu stress atau depresi jika tulisanmu tidak menghasilkan satu rupiah pun. Segala sesuatu jika dimulai dengan perasaan senang maka akan menghasilkan sesuatu yang memuaskan. 

Tentu kamu tidak asing lagi dengan internet dan segala isinya kan? Mulai dari media sosial, website berita hingga blog pribadi. Dari seluruh media tersebut kamu bisa menuangkan pemikiran berupa berbagai bentuk tulisan, video, gambar dan sebagainya dengan gratis.

Dari media tersebut dengan hobi menulismu, kamu bisa mendapatkan uang. Jika kamu mempunyai blog maka rawatlah blogmu dengan baik ya. Karena dari hobi menulis yang kamu tuangkan di blog ternyata bisa mendapatkan uang. Caranya pun menyenangkan.

1. Membuat Blog

mendapat uang dari blog

Foto : Freepik

Untuk bisa mendapatkan uang dari blog, tentu hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat blog. Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.

Membuat blog sangatlah mudah, hanya dengan beberapa langkah maka blog sudah siap digunakan. 
Ada tiga platform untuk membuat blog secara gratis yang dapat digunakan.
1. Blogspot
2. Wordpress
3. Tumblr

Masing-masing platform mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, Wordpress dan Blogspot adalah yang paling familiar sering ditemukan pada hasil pencarian Google.
Saat kamu sudah menulis di blog, maka kamu sudah sah menjadi blogger.

Menjadi blogger memang tidak mudah, selain harus piawai menulis, mengerti istilah perbloggeran, paham SEO dan lain-lain, tapi bukan berarti tidak bisa. Segala sesuatu yang terlihat mata pasti bisa dipelajari. Memulai menulis di blog adalah hal termudah untuk mengasah dan melatih merangkai kata dengan bebas.

2. Memulai Menulis

mendapat uang dari blog

Foto : Freepik

Setelah membuat blog langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menulis. Isi blogmu dengan hasil pemikiranmu. Tulis apa yang kamu lihat, dengar dan rasakan.

Saya mengawali menulis blog, menjadikan blog sebagai diary digital. Jadi saat saya membuka kembali tulisan lama saya di blog, bisa tertawa sendiri, karena saat itu saya masih asal menulis. Belum tahu sama sekali aturan tentang bagaimana cara menulis yang baik di blog. Kamu bisa mengisi blogmu dengan berbagai jenis karya, bisa berupa tulisan, gambar, video dan lain sebagainya.

3. Mengikuti Kompetisi Blog


mendapat uang dari blog
Foto : Freepik


Tantang dan ketahui kemampuan menulismu dengan mengikuti lomba blog. Info lomba blog banyak bertebaran di internet. Ikuti akun-akun di media sosial yang menginfokan tentang lomba blog. Atau bergabunglah di komunitas menulis, akan banyak teman sesama penulis yang memberi info tentang lomba blog.

Saya sendiri sudah beberapa kali mengikuti lomba blog. Saat mengikuti lomba blog, saya hanya ikut lomba yang benar-benar ingin saya ikuti dan menguasai tema perlombaan. Alhamdulillah baru dua kali tulisan saya menjadi juara (semoga semakin banyak lomba blog yang saya menangkan) yaitu

1. Lomba Blogger Cerdas Menulis, Rakyat Cerdas Memilih karya saya menjadi juara Nasional dengan judul Menuju Indonesia Inklusi dan Ramah Disabilitas 

2. Lomba yang diadakan oleh Dompet Dhuafa, #JanganTakutBerbagi dengan judul Keterbatasan Bukan Halangan Untuk Berbagi berhasil meraih juara 1.

Kebanyakan lomba menulis blog diadakan secara gratis dan dapat diikuti oleh siapa saja. Hadiahnya pun cukup besar lho, sebagai contoh kedua lomba blogger yang saya ikuti dan berhasil meraih juara hadiahnya cukup besar yaitu Rp. 1.000.000, dan Rp. 2.500.000, 

Bagaimana sangat menggiurkan bukan? 

Saat mengikuti berbagai jenis perlombaan menulis, walau belum menjadi juara setidaknya pengalaman berkompetisi dan mental bertarungmu telah terbentuk. Dan tentu saja kamu akan mempunyai teman baru sesama blogger.



4. Memasang Google Adsense

mendapat uang dari blog
Foto : Uniqpost.com


Selain mengikuti lomba menulis, untuk mendapatkan uang dari blog adalah memasang Google Adsense. Untuk Google Adsense ini saya memang belum "gajian" karena blog saya baru diterima adsanse bulan pertengahan Maret 2019.

Dari cerita teman blogger, mereka memperoleh uang dari Google Adsense ada yang satu tahun baru gajian bahkan ada yang lebih dari satu tahun. Intinya kamu harus sabar menanti trafik pengunjung blogmu dan jangan lupa untuk konsisten menulis ya.

Jika blogmu sudah terkenal dan berhasil menggait ribuan trafik baik secara organik atau direct, banyak orang rela memasang iklan di blogmu. Sistem iklan dapat berupa slot banner gambar, text atau bahkan tulisan. Seperti beberapa media online saat ini menyediakan layanan periklanan melalui tulisan konten di blog. Tentu harganya juga berbeda-beda tergantung dari jenis iklan yang ditawarkan atau sediakan. Pertimbangkan seberapa banyak blog mendapatkan kunjungan untuk menentukan harga pasang iklan di blog kamu
.
5. Mereview produk

mendapat uang dari blog
Foto : Freepik


Jika kamu suka dandan, maka review-lah make up yang kamu gunakan. Tulis di blog, bagikan di media sosialmu dan tag produsen make up tersebut. Atau jika kamu menyukai kuliner dan jalan-jalan, reviewlah makanan yang kamu makan dan review tempat-tempat yang kamu kunjungi.

Untuk awal kamu bisa melakukan review produk secara mandiri. Tidak menutup kemungkinan suatu hari kamu bisa mendapat tawaran pekerjaan mereview sebuah produk ternama. Pekerjaan mereview produk juga bisa kamu cari di website produk ternama. Biasanya produk merk ternama mencari freelance writer untuk mereview produk mereka.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Tulisannya sangat mengispiratif kak...
    Saya sudah cukup lama vakum di blog.
    Insyaallah mau mulai nulis lagi. Heheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Kak :)

      Ayooo semangat buat ngeblog lagi kak.

      Delete

Subscribe