PENGALAMAN MENJADI CONTENT WRITER DAN REKOMENDASI 5 SITUS ARTIKEL BERBAYAR

May 28, 2019

content-writer


Saya menyukai menulis sejak kecil. Saat saya sudah mampu untuk mengenal huruf dan merangkainya menjadi sebuah kata menjadi kalimat dan paragraf lalu menjadi sebuah cerita.

Alhamdulillah dari hobi menulis, saya bisa memperoleh penghasilan sendiri. Saat mempelajari dunia literasi lebih dalam di tahun 2015 saya lebih menyukai menulis fiksi yaitu berupa cernak (cerita anak) ataupun cerpen (cerita pendek)

Seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya teman sesama penulis yang saya miliki dengan berbagai macam latar belakang, membuat saya tertarik untuk menulis artikel. Dan di tahun 2017 saya mencoba mendaftarkan diri menjadi content writer di Brilio

Jika kamu tertarik untuk menjadi freelance content writer dan mendapatkan penghasilan seperti saya. Selain bisa memperoleh tambahan penghasilan namamu bisa dikenal banyak orang lho. Pasti menarik dan menyenangkan 'kan?

Baca juga : Perbedaan Blogger dan Content Writer


Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah website atau situs mana yang tepat untuk menerima tulisanmu dan tentu saja situs tersebut terbukti membayarnya. Berikut saya rekomendasikan 5 situs artikel berbayar.

1. Brilio.

content-writer
Foto : Brilio.net


Saya menjadi content creator di Brilio tahun 2017. Sudah ada 200 lebih artikel yang saya tulis di Brilio. Brilio akan memberikan fee sebesar Rp. 200.000 untuk setiap artikel (dipotong 3% yang tidak punya NPWP, dipotong 2% untuk yang memiliki NPWP). 

Tapi perlu diingat tidak semua artikel yang tayang di Brilio mendapat fee ya teman-teman. Perlu dicatat! Tulisan yang mendapat fee adalah tulisan yang berhasil dimuat di homepage's Brilio.

Dari 200 lebih tulisan saya di Brilio baru 15-an artikel yang berhasil mejeng di homepage's brilio. Memang tidak mudah menduduki posisi homepage's brilio, tapi bukan berarti tidak bisa kan? Intinya, terus menulis dan jangan menyerah. Oh ya saat kirim tulisan ke Brilio kamu akan mendapat email saat artikel disubmit, di-approved juga saat mendapat reward. Bagi saya pribadi pengiriman email dari pihak Brilio kepada content writer adalah nilai plus. Berdasarkan pengalaman untuk fee,akan ditransfer satu bulan setelah tulisanmu berhasil mejeng di homepage's Brilio.

2. IDN Times

content-writer
Foto : Idntimes.com

Saya sudah mempunyai akun di IDN Times tapi belum sempat menulis. Situs ini sangat cocok bagi kamu, penulis pemula yang ingin terjun dan belajar menjadi penulis lepas, karena apabila hasil tulisanmu kurang baik maka dari pihak idntimes masih mau menyempatkan diri untuk membantu mengeditkan artikel buatanmu agar 100% siap diterbitkan.

Untuk memulai menulis artikel di Idntimes langkah pertamanya adalah kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu sebagai penulis. Setelah terdaftar cobalah tulis artikel berkualitas yang baik dan benar, supaya tulisanmu cepat diterbitkan oleh pihak Idntimes.

Setiap artikel yang kamu tulis berhasil diterbitkan oleh idntimes maka kamu akan mendapatkan 100 poin. Lalu jika artikelmu mendapatkan 100 viewer/pembaca maka kamu akan mendapatkan 1 poin lagi dan itu akan terus bertambah jika artikelmu semakin banyak dibaca.

Nah disaat poin yang kamu kumpulkan sudah mencapai angka 2500 poin, baru bisa dicairkan ke dalam bentuk uang. Perlu diperhatikan di situs Idntimes 2500 poin itu sama dengan Rp 250.000,-.

Caranya adalah melalui proses redeem poin, yaitu pihak idntimes akan mengirim kamu uang sesuai poin yang dicairkan lewat rekening bank.

3. UC News

content-writer
Foto : UC news


UC News adalah situs yang membayar tulisanmu dengan dolar. Saya sempat tertarik menulis di UC News tapi dengan berbagai pertimbangan saya urungkan niat tersebut.

Yang perlu kamu perhatikan, menulis di Uc News pendapatan atau upah yang akan kamu peroleh tidak bisa dipastikan berapa jumlahnya. Karena di Uc News mereka tidak membayar penulis dari setiap artikel yang diterbitkan, tapi dari monetasi iklan, yaitu kamu meminta izin pihak Uc News untuk menampilkan iklan mereka di setiap artikelmu yang terbit. Dari iklan tersebutlah mereka akan membayarmu.

Berdasarkan pengalaman teman-teman saya yang menulis di Uc News mereka berhasil mendapatkan puluhan sampai ratusan ribu bahkan ada yang jutaan setiap bulannya. Sangat menggiurkan ya?

4. Basabasi.co

content-writer
Foto : Basabasi.co


Basabasi.co membayar penulis sesuai jenis artikelnya. Jika artikel yang kamu kirimkan berbentuk cerpen maka akan dibayar Rp 300.000, puisi Rp 250.000, esai Rp 300.000, rehal buku (resensi) Rp 200.000 dan hibernasi (artikel ringan) Rp 100.000


5. Mojok.co

content-writer
Foto : Mojok.co


Untuk setiap artikel yang diterbitkan di Mojok.co bisa dihargai dari Rp10.000, sampai Rp150.000,. Bagi kamu yang ingin tulisannya diterbitkan di website Mojok.co silahkan kirimkan tulisanmu, tunggu sekitar seminggu sampai pihak mojok.co memutuskan, tulisanmu layak diterbitkan atau tidak.

Setiap situs tentu memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Waktu yang diperlukan moderasi tulisan juga berbeda di setiap situs. Kamu harus bersabar, agar tulisanmu bisa tayang di sebuah situs selain menunggu waktu moderasi, kamu juga harus bersaing ketat dengan ribuan content writer. Namun semua itu akan terbayar jika tulisanmu berhasil diterbitkan dan mendapatkan fee.

Baca juga : 5 Cara Mudah Menulis Artikel bagi Pemula


Semua tergantung dari diri sendiri untuk memilih situs mana yang sesuai. Jika kamu memang hobi menulis, tentu kamu bisa mengirim tulisanmu ke berbagai macam media. Soal memperoleh penghasilan atau tidak bukanlah masalah jika menulis kamu lakukan dengan senang hati bukan hanya mengejar materi.

Saya sendiri selain menulis di Brilio juga menulis di blog pribadi dan menulis untuk dikirimkan ke media massa.  Menulis itu butuh komitmen dan harus konsisten. Bukan menunggu sempat untuk menulis tapi menyempatkan waktu untuk menulis. 

Bagi saya menulis sudah menjadi bagian hidup dan terasa ada yang kurang tanpa menulis. Bukankah pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar?

You Might Also Like

6 komentar

  1. Replies
    1. ada pemberitahuan dari Brilio jika uang sudah ditransfer, Kak

      Delete
  2. Kak apa klo daftar di brillio itu harus pake bank rekening BCA doang? Ngak bisa pake bank lain?

    ReplyDelete
  3. Wah terimaksih infonya kak. Mau tanya, kakak ada pengalaman nulis di situs penyedia job freelancer seperti sribulancer gak? Boleh sharing dong hehe. Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Kak. Saya belum ada pengalaman jadi freelancer di sribulancer, Kak.

      Delete

Subscribe