SYARAT KIRIM CERNAK (CERITA ANAK) KE SOLOPOS

March 13, 2019

syarat kirim cernak (cerita anak) ke solopos

Assalamu'alaikum teman-teman, apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat selalu ya. Dalam kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi cerita dan syarat mengirimkan cernak atau cerita anak di Solopos. Solopos adalah salah satu media yang ada di Solo yang menyediakan ruang bagi penulis untuk mengirimkan cernak.


Cernak di Solopos bisa ditulis oleh penulis darimana saja. Saya yang tinggal di Semarang juga bisa mengirim cernak ke Solopos. Cernak pertama yang dimuat di Solopos adalah Pelajaran berharga untuk Dio. Cernak ini saya buat dari kelas menulis ceria di KOPI (Kampus Online Penulis Indonesia)


Masa tunggu di Solopos terbilang cepat. Hanya beberapa hari atau sampai 1 bulan. Untuk tahu dimuat atau tidaknya karya teman-teman, kalian bisa gabung di grup FB yaitu sastra koran majalah dan sastra minggu. Di kedua grup tersebut selalu ada postingan tentang karya siapa saja yang dimuat. Teman yang tinggal di daerah Solo akan memberikan info. Jika cernak dimuat, lebih kurang satu bulan kemudian, honor akan ditransfer ke rekening.

Untuk teman-teman yang hobi menulis cernak dan ingin mengirimkan karya ke SoloPos ini syarat-syaratnya.
  1. Naskah 500-700 kata atau 2-3 halaman. 
  2. Times New Roman (TNR) 12
  3. Spasi 1,5. 
  4. Margin normal.
  5. Di akhir naskah jangan lupa cantumkan narasi singkat/biodata. Cantumkan Nama, Alamat, no. HP yang bisa dihubungi dan No. Rekening.
  6. Saat mengirim tulis kata pengantar yang sopan untuk kakak redaksi dan perkenalkan diri. Jangan lupa juga untuk mengucapkan terima kasih.
  7. Naskah dikirim dalam bentuk file atau attachment. Bukan ditulis di badan email.
  8. Kirim ke Email : redaksi.minggu@solopos.co.id CC ke redaksi@solopos.com dan redaksi@solopos.co.id
Mari berkarya dengan cinta dan ketulusan!

You Might Also Like

10 komentar

  1. Alhamdulillah ada yg berbagi pengalamannya. Terimakasih.
    Untuk kata pengantar bs kasoh contoh, Kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak, untuk kata pengantar saya kalau buat ada 4 bagian yaitu salam pembuka, perkenalan, maksud pengiriman email dan salam penutup.

      Delete
  2. Terimakasih infonya.
    Mohon info jg kak, koran yg menerima cernak mana saja yg msh bisa sampai skrg.
    Makasih

    ReplyDelete
  3. Terima kasih telah berbagi Kak. Bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  4. Halo kak saya mau bertanya, apakah honor tetap akan dikirim otomatis ketika karya kita dimuat? Maksud saya, sebagai penulis tidak perlu memeriksa koran tiap minggunya. Jadi walau kita gak liat korannya, honor akan tetap cair ke rekening atau setidaknya dapat pemberitahuan, tanpa harus mengkonfirmasi sendiri ke pihak redaksi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Kak Agatha, berdasarkan pengalaman pribadi, honor akan di-transfer ke rekening penulis yang karyanya dimuat lebih kurang sebulan setelah masa pemuatan. Tidak ada pemberitahuan saat honor sudah di-transfer. Jadi kita harus cek sendiri.

      Sebaiknya kak Agatha juga harus mengecek korannya ya, Kak, agar tahu karya kakak dimuat atau tidak. Bukankah bagus jika kak Agatha tahu karyanya yang dimuat, dengan begitu bisa dijadikan dokumentasi karya.

      Delete
  5. Untuk pemberitahuan apakah naskahnya dimuat atau tidak itu bagaimana ya kak? Apakah nanti ada balasan email dari pihak redaksi atau bagaimana yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada balasan dari redaksi, Kak. Kita sendiri yang harus cari tahu apakah karya kita dimuat atau tidak.

      Delete

Subscribe