NASGOR BATU

July 31, 2022




nasgor-batu-ah-tenane-solopos-juli


Nasgor Batu adalah tulisan saya yang dimuat di rubrik Ah Tenane Solopos edisi Jumat, 29 Juli 2022. Saat membaca judulnya, banyak yang mengira jika tulisan saya ini bercerita tentang nasi goreng alias nasgor dari Batu, Malang. Namun faktanya isi ceritanya tidak seperti itu ya teman-teman. 

"Ada-ada aja sih Mbak Yen bikin judul dan tulisan Nasgor Batu," seorang teman mengirimi saya pesan melalui WhatsApp.

"Ya ada dong," saya membalas pesannya sambil terkekeh.

Sebenarnya Nasgor Batu ini adalah pengalaman pribadi seorang teman yang melibatkan saya di dalam kisah tersebut. Tokoh ceritanya semua perempuan, tapi karena di rubrik Ah Tenane Solopos hanya ada 4 karakter yaitu 2 pria dan 2 wanita. Jadi saya harus menentukan tokoh utamanya. Ya, yang jelas si Jon Koplo yang kurang beruntung dalam cerita ini. Oh ya tulisan saya ini juga mengalami editing menyesuaikan dengan kejadian yang sedang ramai di masyarakat saat ini. 


Selamat Membaca.


NASGOR BATU

Oleh : Yeni Endah


Minggu siang, Jon Koplo berkunjung ke rumah Lady Cempluk di daerah Banyumanik untuk mengerjakan tugas kuliah. Saat akan berpamitan pulang, Cempluk memasukkan tas plastik hitam berisi beberapa bungkus roti ke dalam tas Koplo. Karena belum terlalu sore, Koplo menyempatkan mampir ke rumah Genduk Nicole yang hanya berbeda RT dengan Cempluk.


Baca juga: Cara Kirim Tulisan ke Rubrik Ah Tenane Solopos



“Apa itu, Plo?” tanya Nicole saat tak sengaja melihat tas plastik hitam dari dalam tas ransel Koplo.

“Oh, ini roti dari Cempluk. Tadi aku ke rumahnya dan dikasih roti. Kamu mau?”

“Mau, Plo.” Koplo lalu menyerahkan semua rotinya ke Nicole yang memang menyukai roti.

“Lho kok buat aku semua. Kamu jadi nggak kebagian.”

Ora apa-apa. Aku isih duwe roti ning omah,” kilah Koplo.

Menjelang maghrib, Koplo berpamitan pulang.

“Ini buat kamu Plo. Barter sama roti dari yang tadi kamu kasih ke aku ya,” ucap Nicole sambil terkekeh lalu menyerahkan satu bungkus nasi goreng kepada Koplo.

Sesampainya di rumah, karena sudah kenyang, Koplo tidak memakan nasi goreng pemberian Nicole dan memasukkannya ke kulkas agar tidak basi dan bisa dimakan besok pagi untuk sarapan. 


Baca juga : 7 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Mengirim Tulisan ke Media



Keesokan harinya. Betapa terkejutnya Koplo saat akan mengambil nasi goreng di dalam kulkas. Saat dipegang nasi goreng tersebut sekeras batu dan tidak terurai seperti nasi pada umumnya.

Oalah Gusti. Niat hati pengen nyimpen nasi goreng buat sarapan, biar hemat malah jadi keras seperti batu. Mungkin gara-gara aku nyimpen sega gorenge ning njero freezer ora ning chiller dadi atos kaya watu,” kata Koplo lalu tertawa terbahak-bahak mengingat tingkah konyolnya. Ia membiarkan nasi goreng dalam suhu ruang dan menunggu beberapa saat hingga nasi terurai, kemudian dihangatkan agar bisa dimakan.


SELESAI

nasgor-batu-ah-tenane-solopos-juli
Nasgor Batu dimuat di rubrik Ah Tenane Solopos edisi Jumat, 29 Juli 2022









You Might Also Like

0 komentar

Subscribe