CARA MENGIRIM TULISAN KE RUBRIK AH, TENANE

December 17, 2019



cara mengirim tulisan ke rubrik ah tenane


Sekitar satu bulan yang lalu, mas Heru Prasetyo memasukkan saya ke grup FB Jon Koplo Hari Ini. Awalnya saya bingung, Jon Koplo Hari Ini itu grup ya? Tapi karena setiap hari Pak Suden Basayev mengunggah karya teman-teman yang dimuat di rubrik Ah Tenane, akhirnya saya jadi tahu.
Sayapun tertarik ingin mencoba menulis dan mengirim. Senin Pagi (16/12) saya di-mention mbak Reni Asih Widiyastuti di grup Jon Koplo Hari Ini. Alhamdulillah tulisan saya berjudul "Kondektur Genit" dimuat di rubrik Ah, Tenane, Senin, 16 Desember 2019.

Ah, Tenane adalah salah satu rubrik yang ada di Solo Pos yang menceritakan kisah lucu berdasarkan pengalaman diri sendiri atau orang lain.

Berikut ini tulisan saya Kondektur Genit yang dimuat di rubrik Ah, Tenane, selamat membaca dan semoga terhibur.




KONDEKTUR GENIT

Oleh : Yeni Endah

Sabtu pagi Lady Cempluk mudik ke Semarang menggunakan bus karena akan menghadiri reuni dengan teman-teman SMA-nya setelah 30 tahun tidak bertemu. Cempluk pun naik bus yang sesak dengan penumpang dan mendapat tempat duduk di depan di atas mesin.

"Panas banget," keluh Cempluk sambil menyeka keringat di keningnya.

Saat naik bus itulah Cempluk memergoki sang kondektur yang tak berkedip melihat dirinya sepanjang perjalanan.

"Wong aku ki wis uzur, ora sexy lan ora ayu kok diliatin terus tho?" gumam Cempluk dalam hati dan mulai merasa risih.

Ketika akan turun dari bus, mendadak tangan Lady Cempluk dipegang dan diberi sesuatu oleh sang kondektur. Saat di depan mini market Cempluk penasaran dan ingin melihat benda apa yang ada di genggaman tangannya. Ternyata ada lipatan uang 50ribu rupiah.

"Wah ini artinya tadi aku naik busnya gratis," ucap Cempluk senang. Ia lalu membuka lipatan uang 50 ribu tersebut. Mata Cempluk membulat karena di lembaran uang 50ribu itu tertulis nama sang kondektur, yang ternyata bernama Jon Koplo dan nomor WA-nya.

"Ladalah maksudnya aku disuruh hubungi nomornya gitu? Aduh Pak njenengan ki ganteng tapi kok genit men tho?" Cempluk terkekeh dan bergegas berjalan menuju tempat reuni.


Cara Kirim Tulisan ke Rubrik Ah Tenane Solopos


Bagaimana tertarik untuk mengirim ke rubrik Ah, Tenane? Jika teman-teman ingin mengirim, ini syarat dan ketentuannya.

  1. Terinspirasi dari kejadian nyata.
  2. Lucu (utama)
  3. Logis. (Sering ada cerita yang masuk dan terasa sangat mengada-ada sehingga terkesan bukan kejadian nyata. Yang seperti ini dihindari).
  4. Panjang tulisan 1.500-2.000 karakter
  5. Memakai nama tokoh : Jon Koplo, Tom Gembus, Genduk Nicole, Lady Cempluk (peran bisa berubah-ubah sesuka hati. Biasanya Jon Koplo yang menjadi subjek kelucuan)
  6. Dikirim ke redaksi Solopos
  7. redaksi.minggu@solopos.co.id/redaksi@solopos.com/redaksi@solopos.co.id atau via pos ke Redaksi Solopos, Jl. Adisucipto No 190 Solo
  8. Waktu tunggu: 1 bulan atau lebih tergantung naskah yang masuk. (Kondektur Genit saya kirim tanggal 11 November 2019 dan dimuat tanggal 16 Desember 2019.
Selamat mencoba!

You Might Also Like

2 komentar

Subscribe