APA ITU BROKEN LINK? BAGAIMANA CARA MENGATASI BROKEN LINK?

July 22, 2020

apa itu broken link dan cara mengatasinya

Saat membuat artikel pada blog biasanya saya akan menyertakan link atau tautan yang berhubungan dengan artikel yang saya buat. Link itu bisa berasal dari link di blog saya sendiri atau orang lain. Apalagi kalau ikut lomba blog, seringkali panitia lomba meminta peserta untuk menyertakan link tentang perlombaan tersebut. Nah jika tidak memeriksanya secara rutin bisa jadi link yang ada di blog bisa menjadi broken link.

Apa itu Broken Link?

Broken link  adalah sebuah link pada halaman website yang dimana jika diklik tidak ditemukan, link error, atau 404 not found pada browser. Jika banyak ditemukan broken link pada blog kamu efeknya bisa mempengaruhi peringkat SEO di mesin pencarian. Selain itu tu broken link juga bisa mengakibatkan pengunjung tidak mau lagi mengunjungi blog kamu. Hal tersebut berdasarkan sebuah survei yang menyatakan sebanyak 88% pengunjung takkan kembali ke sebuah website ketika mendapati laman 404 (error page).

Penyebab Broken Link

Broken link terjadi karena beberapa hal seperti berikut ini.
  1. Kesalahan dalam mengetik tautan atau typo
  2. Perubahan domain
  3. Perubahan direktori web
  4. Penyimpanan laman 404 oleh cache
  5. Perubahan pengaturan pada Domain Name Serves (DNS).

Jika kamu sudah mengetahui penyebab terjadinya broken link, kamu perlu mengingat sehingga bisa meminimalisir terjadinya broken link.

Cara Mengatasi Broken Link

Untuk mengetahui adanya broken link pada blogmu mudah kok. Dan jika menemukan adanya broken link tak perlu khawatir, kamu bisa segera mengatasinya. Bahkan kamu bisa melakukannya dengan HP seperti yang biasa saya lakukan.
1. Klik Broken Link
2. Setelah klik broken link, kamu harus mengisinya dengan url blog kamu, lalu klik find broken link.
apa itu broken link dan cara mengatasinya

3. Ketik security code yang tertera di samping kanan. Pilih report all occurences of each dead link, kemudian klik find broken links now! Kamu harus menunggu cukup lama untuk mengetahui ada atau tidaknya broken link di blogmu. Setelah menunggu beberapa menit, maka akan ditunjukkan jumlah broken link yang ada pada blogmu.

apa itu broken link dan cara mengatasinya

Di blog saya ini ditemukan adanya 2 broken link. Untuk mengatasinya cukup klik url (yang berwarna biru) maka secara otomatis kamu akan diarahkan dimana letak broken link tersebut berada.
Contohnya di blog saya, ketika meng-klik url yang berwarna biru. Akan muncul di judul mana pada artikel di blog yang ada broken linknya. Di blog saya link textnya adalah Asatu. Dengan judul blog TAK HANYA SEKEDAR HOBI, MENULIS BISA MENGHASILKAN MATERI JIKA SERIUS MENEKUNI. 

Untuk mengatasinya kamu harus menuju ke halaman blog kamu. Pada dashboard klik postingan dan pada kolom search ketik judul blog yang ada broken linkya misalnya di blog saya yaitu TAK HANYA SEKEDAR HOBI, MENULIS BISA MENGHASILKAN MATERI JIKA SERIUS MENEKUNI. Klik edit dan temukan link textnya (link text di blog saya adalah Asatu). Begitu menemukan link text-nya klik remove lalu klik perbarui.

apa itu broken link dan cara mengatasinya


Untuk mengetahui apakah masih ada broken link di blog dan langkah yang dilakukan sudah benar, kamu bisa mengecek ulang di Broken Link Check.

apa itu broken link dan cara mengatasinya

Sudah tidak ditemukan broken link di blog saya setelah diperbaiki.

Bagaimana? Mudah bukan mengatasi broken link yang ada di blogmu? Lakukan secara rutin untuk pengecekan broken link ya? Kalau saya biasa melakukannya setiap seminggu sekali.

Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

3 komentar

  1. Waaah makasih sharingnya... bermanfaat banget nih buat aku yang baru mau mendalami tentang SEO Blog :)

    ReplyDelete
  2. Wah, saya baru dengar istilah broken link ini mb. Kalau boleh tanya, berarti sebaiknya kita memeriksa tautan yang sudah kita cantumkan di beberapa artikel ya dan memastikan bahwa tautan tersebut available?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Kak, sebaiknya diperiksa rutin minimal seminggu sekali.

      Delete

Subscribe