5 HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT MEMILIH TEMPLATE BLOG

July 01, 2020

 memilih template blog



Setiap blogger tentu ingin mempunyai tampilan blog yang cantik. Meskipun sudah ngeblog sejak tahun 2014, tapi saya baru tiga kali ganti template (dua kali template bawaan blogger dan satu kali dari template blog gratis)

Saya ganti template blog ke template yang sekarang karena ada yang samaan template blognya dengan saya. Ya mungkin karena template blog bawaan blogger yang sedikit pilihannya jadi kemungkinan template yang sama juga makin besar.

Baca juga : 5 Situs Penyedia Template Blog Gratis


Saya itu suka banget kalau lihat tampilan template teman blogger yang cantik. Ih jadi pengen deh. Makanya keinginan ganti template semakin kuat. Akhirnya cari deh, di situs penyedia template gratis. Memilah dan memilih sehingga menemukan template blog yang sreg di hati. Ternyata untuk memilih template nggak hanya sesuai keinginan hati aja lho, tapi ada beberapa hal-hal penting yang perlu diperhatikan. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya sendiri saat memilih template blog.

memilih template blog

1. Pilih tema template blog yang tepat
Banyak pilihan yang disediakan oleh situs penyedia template blog gratis ataupun berbayar. Hal terpenting saat memilih template blog adalah tema blog. Pilihlah tema blog sesuai passionmu atau hal yang akan kamu tulis di blog. Bagi food blogger tentu template blog yang dipilih akan berbeda dengan travel blogger baik dari tema, layout hingga widget yang digunakan.

2. Loading cepat
Saat membuka blog jika loading terlalu lama, maka saya akan segera beralih ke blog lain yang menuliskan informasi yang sedang saya cari. Tentu hal itu akan dilakukan orang lain jika blog saya loadingnya lama. Duh, jangan sampai hal itu terjadi deh. Jadi pastikan loading blog template di atas 90%.. Loading blog akan bertambah lebih berat apabila sudah dipasangi dengan iklan Google AdSense. Blog saya sudah dipasangi Google Adsense, tapi saat ini iklan sedang dibatasi (blank iklan) hiks ...

Kamu bisa mengecek kecepatan blogmu di Page Speed Insight

memilih template blog


Kecepatan loading https://yeniendah.blogspot.com/ versi desktop


3. Disukai Mesin Pencari
Tahu nggak sih, sejak 21 April 2015, Google menetapkan bahwa website yang mampu tampil baik di perangkat mobile akan mendapat prioritas rangking di mesin pencarian. Jadi mau tidak mau kamu harus mengikuti ketentuan ini. Jika tidak maka blogmu tidak bisa berada di page one.

4. Menjangkau Lebih Banyak Orang
Saat ini, mayoritas orang mengakses internet melalui perangkat mobile seperti handphone atau tablet. Jadi kamu harus menggunakan template yang mobile friendly agar bisa menjangkau lebih banyak pengunjung. Apakah template blogmu sudah mobile friendly? Cek aja di mobile friendly test

memilih template blog


5. Bikin Betah Pengunjung
Apa sih yang membuat pengunjung betah membaca di blog kalau tidak karena template yang cantik dan menarik. Kesan pertama saat mengunjungi sebuah blog adalah melihat tampilannya. Jadi kalau tampilan blogmu nggak menarik, maka pengunjung nggak akan betah berlama-lama di blogmu. Bahkan Google menyebutkan 61% pengguna tersebut tidak akan kembali lagi dan bahkan 40% dari mereka langsung beralih ke blog kompetitor.

Itulah lima hal yang saya perhatikan sebelum memilih template blog (meski saat ini masih menggunakan template blog gratis). Memilih template blog memang gampang-gampang susah. Jangan cepat menentukan pilihan agar tidak kecewa jika template yang kamu gunakan tidak sesuai atau banyak yang eror.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang bimbang memilih template blog yang tepat atau yang suka gonta-ganti template karena berbagai alasan.

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe