SYARAT KIRIM CERMA (CERITA REMAJA) KE MINGGU PAGI

May 06, 2019

cerita remaja minggu pagi




Masa remaja adalah saat yang paling menyenangkan, karena dunia remaja atau teenager itu seru, penuh tanda tanya, petualangan serta kejutan.

Jadi tak heran jika banyak yang menggandrungi bacaan tema teenlit ini. Saat membaca membuat kamu terasa awet muda. Saya pun termasuk salah satu penggemar bacaan tema teenlit. Tak hanya membaca saya pun ingin menulis cerpen tema teenlit ini. Cerita remaja (cerma) pertama karya saya yang dimuat adalah Menembus Batas. 

Saat membuat cerita remaja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Topik harus disukai remaja
Namanya juga cerita remaja, jadi topiknya harus seputar remaja dong. Topik yang disukai remaja adalah topik-topik ringan, seperti jatuh cinta, cinta segitiga, patah hati ,petualangan, dan hobi. .

2. Gaya bicara/bahasa
Gaya bicara atau bahasa remaja itu gaul, ringan, cerdas, taktis, simpel, dan menyenangkan. Kamu bisa melihat referensi dialog dan kosakata remaja yang sedang trend. Jadikan tulisan itu tidak hanya terbaca, tetapi juga bisa dirasakan.

3. Setting
Setting cerita remaja umumnya di sekolah atau di kampus. Dua setting tersebut bukanlah patokan untuk membuat cerita remaja. Kamu juga bisa mengambil setting atau tempat yang unik.

4. Pesan 
Dunia remaja adalah dunia yang sedang mencari jati diri. Egosentrisnya sangat dominan. Memutuskan segala sesuatu tanpa pertimbangan. Dunia remaja itu dunia bebas. Untuk menyampaikan pesan dalam sebuah cerita, tidak boleh menggurui. Itulah tantangan bagi penulis. Harus mengontrol tulisannya. Tulisan harus menggunakan nilai-nilai pelajaran dalam kehidupan.

5. Ide
Untuk ide membuat cerita remaja bisa dari pengalaman pribadi atau lingkungan sekitar. Kamu bisa juga membuka kembali kotak kenangan saat remaja dulu ciyee ...

Setelah kamu menulis cerita remaja karyamu, kamu bisa mengirimkannya ke media yang menerima cerita remaja. Kali ini saya akan berbagi cara mengirim cerita remaja ke Minggu Pagi. Alhamdulillah ada beberapa karya saya yang sudah dimuat di Minggu Pagi. (untuk membaca cerma karya saya, kamu bisa klik di sini)

1. Tema remaja
2. Times New Roman 12
3. Spasi 1,5
4. Panjang cerita 6000 cws
5. Kirim ke we_rock_we_rock@yahoo.co.id
6. Tulis biodata singkat kamu di akhir naskah

Mari berkarya dengan cinta dan ketulusan.

You Might Also Like

8 komentar

Subscribe