SUARA DIFABEL, AKU KAMU KITA SETARA

May 21, 2019

berbagi 7 kisah



Alhamdulillah di awal tahun 2019 saya mendapat kabar bahagia. Buku antologi saya yang ke-14, buku antologi ke-4 saya yang berhasil tembus di penerbit mayor dan buku ke-2 yang terbit di Penerbit Divapress sudah terbit.

Buku Antologi Berbagi 7 Kisah ini berisi kisah-kisah inspiratif yang patut kamu baca. 
Buku ini adalah buku kedua saya yang dibukukan di Penerbit Divapress (buku antologi pertama berjudul Kisah Pengguna Taksi Online)

Saat Penerbit Divapress mengadakan lomba menulis Berbagi 7 Kisah ini dan salah satu tema yang dilombakan adalah Suara Difabel, tanpa berpikir panjang saya langsung ikut lomba ini. Saya tulis apa yang ada di pikiran saya, kirim dan saat pengumuman ada nama saya sebagai salah satu pemenang.

Taraa ... dan yang istimewa dari buku antologi "Berbagi 7 Kisah" nama saya tertulis di cover buku (Semoga ini pertanda jika saya segera punya buku Solo ya. Aamiin )

Buku yang diterbitkan oleh Penerbit Laksamana Yogyakarta di tahun 2019 ini sengaja berisi tulisan kisah inspiratif dan nyata yang fokus pada 7 judul yaitu: Kehilangan Orang Terdekat, Curhat Pasangan LDR, Suara Difabel, Ta’aruf, Mengejar Idola, Tujuh Belas dan Imigrant dan Ekspatriat.

Dari segi penampilan, cover Berbagi 7 Kisah terdiri dari gambar dua perempuan (remaja dan dewasa) serta satu laki-laki. Tulisan 7 di highlight yang bermaksud menggambarkan 7 judul tema yang tersusun dengan pilihan warna cerah dengan cover yang didominasi warna putih. Menurut saya warna putih membuat tampilan buku menjadi hidup dan bersinar.


Judul buku : Berbagi 7 Kisah
Penulis : Yeni Endah, dkk
Penyunting : Athena
Tata sampul : Muhammad Abdul Hakim
Tata isi : Violetta
Pracetak : Wardi
Cetakan pertama : 2019
322 halaman 14x20cm
ISBN : 978-602-407-422-7
Harga : Rp.70.000,


Selama 19 tahun, lingkungan sosialisasiku dikelilingi orang-orang non difabel. Setelah bergantung pada besi beroda, tebersit keinginan dalam hati untuk mempunyai teman yang "senasib" denganku - Yeni Endah


berbagi 7 kisah
Foto : Dokumentasi Pribadi



1. Suara Difabel
Berbagi 7 Kisah tentang Suara Difabel saya menceritakan bagaimana suka dan duka menjadi seorang difabel. Bagaimana pandangan masyarakat yang masih belum bersifat inklusi dari bentuk interaksi hingga sarana dan prasarana. Susahnya mendapat aksesibilitas di tempat umum. Padahal difabel adalah bagian dari masyarakat dan membutuhkan kesempatan yang sama dengan non difabel. Karena antara difabel dan non difabel adalah setara.

Baca juga : A Cup Of Tea For Working Mom, Kisah Ibu Pekerja Dengan Putra Istimewa


2. Kehilangan Orang Terdekat
Siapapun akan merasa kehilangan orang-orang terdekat yang pada saat hidupnya punya peran penting dalam diri dan kehidupan kita dari 9 kisah dengan beragam interpretasi dari topik ini, yaitu:
Kisah ini diawali oleh cerita saat ditinggalkan oleh suami tercinta, melewatkan hari-hari bersamanya, menuju suka dan duka bersama namun rencana Tuhan indah dibalik itu semua. Kisah kedua tentang kehilangan sosok kakek yang lembut dan dari beliau ada banyak nasehat serta hikmah yang tercurah melalui cerita-cerita kesehariannya. Kisah ketiga kehilangan sahabat dekat setelah bersama-sama dalam belajar dan mengisi hari-hari. Kisah keempat adalah saat ayah pergi, padahal memori tentangnya tak akan pergi. Kisah Kelima, kehilangan sosok teman. Kisah keenam dan ketujuh adalah kehilangan sosok Ibu dan anak.
Saya membaca cerita berbagi kisah tema kehilangan orang terdekat. Perasaan kehilangan dapat saya rasakan dari rangkaian kata, kalimat demi kalimat hingga mampu membuat saya menitikkan airmata. 
Membayangkan bagaimana tokoh dalam cerita, kehilangan orang yang dicintai, baik itu kehilangan orangtua, sahabat, ataupun kekasih.

Betapa mereka sosok yang tangguh, penuh perjuangan untuk menata kepingan hati untuk menatap masa depan yang lebih baik lagi. Tidak mudah untuk survive dan move on dari semua keadaan, namun mereka semua menyakini itulah yang telah Allah gariskan dan dibalik itu akan ada hikmahnya.

3. Curhat Pasangan LDR
LDR atau Long Distance Relationship kerap melanda bagi pasangan yang memutuskan untuk hidup berjauhan untuk sementara waktu. Betapa ribuan kilometer menjadi saksi bisu atas perjalanan, perjuangan cinta dua sejoli untuk menguatkan jalinan cinta dengan kesetiaan serta bagaimana para tokoh bisa mengatur seluruh keperluan dirinya serta anak-anaknya untuk terus menjadi perempuan yang survive menghadapi hubungan jarak jauh.

LDR memang nano-nano rasanya. LDR beda kota saja sudah menyiksa apalagi LDR beda negara. Namun dalam kisah ini dibeberkan bagaimana menjaga hubungan LDR dengan saling percaya dan setia akan ikatan suci di hadapan Allahlah yang akan melanggengkan semua rasa yang terpatri dalam jiwa.

4. Ta’aruf
Berbagi Kisah tentang Ta'aruf penulis membagikan cerita tentang kisah ta’aruf yang akhirnya gagal di tengah jalan, kisah proses ta’aruf yang begitu cepat, ta’aruf untuk mendapatkan pasangan yang seiya sekata, seirama dan penuh ridlo orang tua.

Ta’aruf yang selama ini selalu diidentikkan dengan ikhwan jenggotan (anak lulusan pesantren) hingga esensi pemahaman ta’aruf yang sesungguhnya, serta proses ta’aruf yang tidak selamanya berjalan dengan mulus.

5. Tujuh Belas
Memasuki usia tujuh belas pasti punya banyak cerita. Tujuh belas tahun adalah masa penuh warna, saat keinginan remaja untuk diakui sangat dominan. Masa tujuh belas ini identik dengan sweet moment. 5 cerita tentang makna tujuh belas disampaikan dengan beragam makna dan kisah. Ada yang mengisahkan bahwa masa tujuh belas adalah masa yang berat sehingga salah satu olahraga dapat mendamaikan itu semua. Kemudian ada rasa bahagia kala orang-orang terdekat mengingat hari ulang tahun, walaupun hanya dari balik telepon, hingga ada yang menggelar pesta ulang tahun hingga menghabiskan dana yang cukup fantastis, lalu seiring berjalannya waktu tokoh merasakah apa yang telah dilakukannya terlalu berlebihan lalu kisah tentang seseorang yang merenda mimipi untuk bisa kuliah, ia menuliskan harapannya di ulang tahun ke tujuh belas, dengan ridho kedua orang tua akhirnya ia bisa melanjutkan kuliahnya.

6. Imigrant dan Ekspatriat
Ada banyak alasan yang membuat seseorang memutuskan untuk meninggalkan kampung halamannya. 
Tak mudah memang menjadi imigran. Selain budaya yang sangat berbeda, sosok seorang immigrant diharuskan memiliki skil tertentu sehingga bisa hidup dengan nyaman. Kemudian kisah yang mengusung tentang menepis rasa cemburu saat suami memutuskan untuk bekerja di luar kota. Lalu cerita tentang suka duka di perantauan.

7. Mengejar Idola
Setiap orang pasti memiliki idola. Dalam kisah ini diceritakan bagaimana seseorang mengidolakan seorang penyanyi yang usianya lebih muda darinya dan dikira pedofil, perjuangan bertemu idola dan pengorbanan seseorang untuk memiliki barang-barang yang dimiliki sang idola.

Buku ini sangat bagus, sebagai bahan bacaan yang all in one book, ada 7 kisah dengan segala problematika bersatu dalam 1 buku. Saat membaca kisah-kisah inspiratif dari buku ini memberikan saya wawasan bariu tentang semua tema, juga dapat memetik hikmah dari semua kisah yang terangkum dalam buku "Berbagi 7 Kisah."

Selamat membaca!

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe