KESETIAKAWANAN DALAM KEBERAGAMAN DAN KETERBATASAN

January 06, 2021


kesetiakawanan dalam keberagaman dan keterbatasan


KESETIAKAWANAN DALAM KEBERAGAMAN DAN KETERBATASAN

Oleh : Yeni Endah




Mereka bilang aku berbeda

karena memakai besi beroda

apa salahnya menjadi berbeda?

dan harus menggunakan besi beroda?



Ini semua bukan inginku

melainkan takdir Sang Maha Pencipta

Pemilik Segala



Aku sempat terpuruk dan tak berdaya

karena dianggap berbeda

entah tak terhitung

berapa liter airmata berderai



Hingga akhirnya 

Tuhan mempertemukanku dengan kalian

yang memiliki nasib serupa

dianggap berbeda 

oleh mereka yang berfisik sempurna



Dari teman-teman bernasib sama

aku belajar arti kesetiakawanan

dan tidak menang sendiri

mengerti arti berbagi

bahwa manusia tak hidup sendiri



Dari teman netra,

yang tak mampu melihat warna-warni dunia

aku belajar untuk lebih menjadi perasa

juga pendengar setia



Baca juga : Kita Dalam Keberagaman Keterbatasan




Dari teman Tuli,

yang tak mampu mendengar 

senandung ibu tercinta

Namun di dalam dunia sunyinya

Ia mampu berkomunikasi

dengan sepuluh jari

dan membaca gerak bibir



Dari teman sesama pengguna besi beroda

juga yang berlari dengan tongkat peyangga

aku belajar untuk semangat menggapai cita



Dari teman difabel intelektual

Yang sukar berpikir secara rasional

aku belajar memahami karakter manusia

bukan hanya dengan akal



Dari kalian

aku belajar arti kesetiakawanan 

dalam keberagaman dan keterbatasan



Banyumanik, 22 Desember 2020

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe