KITA DALAM KEBERAGAMAN KETERBATASAN

August 05, 2020


kita dalam keberagaman keterbatasan


Kita Dalam Keberagaman Keterbatasan

Oleh : Yeni Endah



Aku pernah bertanya pada Tuhan
Mengapa Dia menciptakanku dengan istimewa?


Membuatku tak bisa berjalan
Hanya bisa menatap mereka, yang berfisik sempurna
Bermain dengan lincah serta bergembira


Sementara aku?
Hanya diam terpaku, tak berdaya
Memandang dari kejauhan
Dari sini, dari kursi rodaku


Mungkin pertanyaan ini juga pernah kau ajukan pada Tuhan
Hingga suatu hari Tuhan membuka mataku
Mempertemukan aku dengan kalian


Mengenal dia yang tak bisa mendengar
Tak mengerti apa yang ibunya katakan meski sangat ingin


Mengenal dia yang hidup dalam gulita
Tak tahu bagaimana indahnya warna pelangi setelah hujan


Atau mengenal dia yang sama denganku
Berjalan dengan besi beroda
Namun bersemangat dalam menjalani takdir-Nya


Kini aku paham dan mengerti
Manusia memang tidak bisa lepas dari keterbatasan


Sama halnya dengan diriku dan kamu
Hidup dalam keberagaman keterbatasan


Diantara mereka, ada yang merasa tidak beruntung dengan ketidak sempurnaan tubuhnya

Merasa asing dan terbuang

Menangisi hidupnya

Meratapi nasibnya

Merasa menjadi orang yang tiada manfaat hidup di dunia

Dan patut dikasihani

Tapi aku tidak seperti itu
Aku tak ingin seperti mereka
Hidup dalam keputusasaan

Aku yakin Tuhan tidak menciptakanku ke dunia dalam keadaan sia-sia
Ada maksud dan tujuan
Mengapa Dia melahirkanku ke dunia

Justru dengan keterbatasanku
Aku ingin menggapai asaku
Meraih mimpiku

Aku ingin menembus keterbatasan, yang terasa menghalangi

Pastilah Dia menyanggupkan aku untuk menembus keterbatasan yang ada

Selama aku bersungguh-sungguh berusaha serta diiringi doa


Banyumanik. 16.08.2017

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe