13 BAGIAN PENTING KURSI RODA YANG BISA DICUSTOM SAAT PEMBUATAN KURSI RODA ADAPTIF

March 23, 2020

bagian-penting-kursi-roda-yang-bisa-dicustom-saat-pembuatan kursi-roda-adaptif



Setiap difabel tentu memiliki alat bantu mobilitas yang berbeda dan sesuai kebutuhan. Difabel Tuli memerlukan Alat Bantu Dengar (ABD), Difabel netra membutuhkan tongkat putih. Sementara saya, difabel karena kelainan langka Friedreich's Ataxia menggunakan kursi roda untuk membantu mobilitas mempermudah aktivitas sehari-hari.

Di tahun 2006, saat kehilangan motorik kaki dan harus menggunakan kursi roda, saya memakai kursi roda standar (medical--yang biasa dijual di toko alat kesehatan) Tentu kursi medical yang saya miliki itu tidak nyaman karena ukurannya kebesaran. Saat itu baik saya dan keluarga belum tahu jika ada kursi roda adaptif, yang dibuat sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan pengguna. Baru di tahun 2018, saat UCPRUK berkunjung ke Roemah Difabel yang terletak di jalan MT. Haryono no. 266, Semarang, saya baru tahu apa itu kursi roda adaptif. Sebenarnya saya sudah sering melihat teman-teman yang memiliki kondisi sama dengan saya yaitu Friedreich's Ataxia. Namun saat itu saya juga belum tahu kalau kursi roda yang dipakai oleh teman-teman saya adalah kursi roda adaptif. Dan saat pertama kali melihat kursi roda adaftif, terbesit keinginan dalam hati untuk memilikinya suatu hari nanti. Qadarullah, tahun 2018, Allah mengabulkan keinginan saya.


Baca juga : 5 Tips Anti Bosan di Rumah Aja Lawan Corona untuk Difabel




Kursi roda adaptif adalah kursi roda yang dibuat sesuai dengan kebutuhan difabel untuk meningkatkan kualitas hidup berdasarkan standar WHO (World Health Organisation) Kursi roda adaptif adalah kursi roda pribadi. Artinya kursi roda tersebut, tidak bisa dipakai semua orang. Jadi meskipun sama-sama difabel pengguna kursi roda belum tentu bisa menggunakan kursi roda yang kita miliki.

bagian-penting-kursi-roda-yang-bisa-dicustom-saat-pembuatan kursi-roda-adaptif
Kursi roda adaptif jenis ekspession yang saya gunakan saat ini (Foto : Dok. Pribadi)



Bagian-bagian kursi roda adaptif ekspression



Kenapa kursi roda harus dibuat sesuai dengan kebutuhan penggunanya? Karena kursi roda adalah bagian dari hidup pemakainya. Kursi roda adaptif dibuat menyesuaikan dengan kondisi lingkungan pengguna, agar dapat mendukung mobilitas dan aktivitas sehari-hari, aman, tahan lama, serta dapat dirawat dan diperbaiki dengan mudah.

Baca juga : Olahraga Sederhana yang Bisa Dilakukan Difabel Agar Tetap Sehat



Agar kursi roda nyaman bagi penggunanya maka setiap komponen dari kursi roda disesuaikan dengan postur tubuh dari pemakainya atau dilakukan pengukuran. Bagian apa saja dari kursi roda yang bisa dicustom?

1. SEAT WIDHT
Lebar dari kursi roda dapat disesuakan dengan lebar pinggul pengguna, sehingga tidak merasa sempit ataupun kebesaran. Sehingga menimbulkan rasa nyaman bagi penggunanya.

2. SEAT DEPTH
Kedalaman bagian kursi roda diukur dari posisi di belakang lutut hingga area tulang punggung bagian bawah bisa sehingga pengguna bisa duduk di posisi yang pas.

3. FRONT SEAT HEIGHT
Ketinggian kursi roda diukur sesuai postur / panjang kaki pengguna.

4. REAR SEAT HEIGHT
Tinggi kursi roda bagian belakang juga bisa diatur sesuai dengan pemilihan ukuran diameter roda belakang.

5. SEAT CUSHION
Jok atau bantalan kursi roda bisa dipilih mulai dari ukuran hingga jenis busa apa yang dipakai misalnya busa dengan gel, ataupun dilengkapi dengan udara. Bantalan kursi roda adaptif bisa dilepas, sehingga bisa dengan mudah dicuci.

6. BACKREST HEIGHT
Ketinggian dari backrest dapat dipilih sehingga pengguna bisa lebih nyaman ketika bersandar di kursi roda sesuai ketinggian ideal yang diinginkan.

7. ARMREST & SIDEGUARD
Ketinggian armrest juga dapat diatur, bahkan bisa dilepas jika dirasa menganggu saat bermanuver di kursi roda. Sedangkan pilihan dari sideguard juga terdiri dari berbagai macam seperti alumunium hingga carbon fibre.

8. FOOTBOARD
Pengukuran footboard meliputi kemiringan footboard, tinggi rendahnya footboard, hingga bahan yang digunakan juga bisa dipilih.

9. CENTER OF GRAVITY (COG)
Center of gravity memegang peran dalam memberikan keseimbangan bagi pengguna kursi roda, besar atau kecilnya COG dapat dipilih dan disesuaikan dengan kemampuan manuver pengguna saat di kursi roda.

10. FORKS
Forks merupakan komponen di bagian atas roda depan, yang berfungsi untuk menjadi penghubung roda dengan frame. Berbagai macam ukuran serta warna dapat dipilih sesuai keinginan pengguna.

11. CASTORS
Castor merupakan “velg” pada roda, terdapat berbagai macam warna serta opsi dari material castor yang dapat dipilih.

12. TYRES & HANDRIMS
Ban dan pegangan rim dari kursi roda bagian belakang dapat dipilih baik memilih bahan dan juga warna untuk handrim tersebut.

13. WHEEL CHAMBER
Kemiringan roda juga bisa disesuaikan. Kemiringan ini berguna untuk manuver yang lebih baik dan lebih stabil.

Kursi roda yang saya pakai saat ini adalah kursi roda adaptif tipe Ekspression dari UCPRUK. Kursi roda ini tidak bisa dilipat. Alhamdulillah, sejak menggunakan kursi roda adaptif, mobilitas saya sangat terbantu. Saya bisa lebih aktif mengayuh kursi roda sendiri.

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe